Apakah Klaim Asuransi Kesehatan Cashless Ditanggung Seluruhnya?

Saat ini istilah asuransi kesehatan sudah umum terdengar, apalagi sejak pemerintah meluncurkan BPJS. Hal ini membuat semakin banyak orang memahami perlunya perlindungan finansial terhadap risiko kesehatan tersebut. Itulah sebabnya banyak orang yang mencari asuransi kesehatan cashless premi murah.

Anda pasti memahami bahwa risiko kesehatan seperti sakit maupun terluka, bisa terjadi secara mendadak. Tidak jarang pula, kondisi ini menyebabkan harus mendapatkan perawatan yang tidak murah. Maka, untuk menghindari gangguan finansial akibat biaya pengobatan ini perlu adanya perlindungan asuransi kesehatan.

Metode Klaim Asuransi Kesehatan

Sistem asuransi kesehatan di Indonesia menerapkan dua metode klaim. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak perbedaannya di bawah ini.

1. Metode Klaim Reimburse

Ini merupakan sistem ganti rugi oleh pihak perusahaan asuransi kepada nasabahnya apabila terjadi risiko kesehatan. Dengan metode ini, artinya pihak tertanggung membayar dahulu biaya pengobatannya, kemudian mengajukan klaim penggantian kepada penanggung.

Kelebihan asuransi dengan sistem reimburse adalah biaya premi asuransi kesehatan yang umumnya relatif murah. Dengan demikian, perlindungan kesehatan ini cukup terjangkau. Di samping itu, ada juga keunggulan dalam hal pilihan rumah sakit.

Pada asuransi reimburse, tidak ada batasan rumah sakitnya. Anda bisa mendapatkan pengobatan di rumah sakit mana pun. Selanjutnya, pihak perusahaan asuransi akan melakukan penggantian biaya berdasarkan klaim.

Meskipun demikian, ada juga kekurangan dari sistem asuransi kesehatan di Indonesia menggunakan reimburse ini. Di antaranya adalah plafon klaim yang tidak terlalu tinggi dan proses penggantian biaya yang tergolong lama.

Selain itu, jika menggunakan metode reimburse, Anda harus memiliki dana darurat. Hal ini karena pembayaran biaya rumah sakit tetap harus dibayarkan oleh nasabah. Setelahnya, baru bisa mengajukan penggantian dengan melampirkan berkas, termasuk kwitansi pembayaran.

2. Sistem Klaim Cashless

Berbeda dengan reimburse, sebagaimana namanya, cashless menerapkan metode tanpa pembayaran tunai. Artinya, pemegang polis tidak perlu mengeluarkan biaya ketika harus mendapatkan pengobatan medis. Cukup hanya menunjukkan kartu kepesertaan saja.

Keunggulan sistem ini cukup banyak. Pertama, nasabah tidak perlu membayar terlebih dahulu biaya pengobatannya. Setelah melakukan verifikasi kartu, tertanggung bisa langsung mendapatkan pengobatan.

Selanjutnya adalah keunggulan dalam hal kemudahan. Jika terjadi sakit yang perlu rawat inap, misalnya, pemegang polis bisa langsung masuk, karena perusahaan asuransi telah melakukan pembayaran.

Anda juga tidak perlu repot mengajukan klaim, karena tidak perlu ada penggantian biaya. Namun, sistem ini memiliki kelemahan, yaitu terbatasnya rumah sakit. Hal ini karena Anda hanya bisa mengunjungi rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan pihak perusahaan asuransi.

Meskipun demikian, kelemahan ini bisa teratasi dengan memilih produk asuransi Allianz Life Indonesia. Perusahaan asuransi yang berpusat di Berlin ini sudah melakukan kerjasama dengan banyak rumah sakit dalam jaringan Allianz – AdMedika. Jadi, ada banyak pilihan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri.

Asuransi Kesehatan Cashless terbaik dari Allianz Life Indonesia

Perusahaan asuransi yang telah masuk Indonesia sejak tahun 1981 ini sudah memiliki banyak nasabah. Tentu saja karena produk-produknya memberikan manfaat besar bagi pihak tertanggung. Beberapa produk asuransi kesehatan cashless terbaik dari Allianz Life Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Smart Health Care Premiere Plus

Pertama, jenis asuransi dengan perlindungan pribadi maupun keluarga. Smart Health Care Premiere Plus ini memiliki jaminan terhadap biaya pengobatan dengan metode cashless yang memudahkan nasabahnya.

Berikut ini adalah beberapa pertanggungan yang diberikan oleh produk asuransi Allianz Life Indonesia tersebut

  • Adanya fasilitas cashless, sehingga Anda tidak perlu lagi menyiapkan dana darurat untuk risiko kesehatan mendadak.
  • Terdapat berbagai pilihan produk, di antaranya adalah Basic, Classic, Essential, Elite, Prime, dan Signature. Pilihan tersebut berbeda berdasarkan plan dan wilayah pertanggungannya.
  • Pilihan manfaat meliputi, persalinan dan nifas, perawatan gigi, juga rawat jalan.
  • Anda pun bisa mendapatkan manfaat perawatan HIV/AIDS, konsultasi rawat jalan ke psikiater, dan pengobatan tradisional berupa obat herbal.
  • Ada juga pertanggungan pada perawatan dialisis, transplantasi organ, dan biaya organ tubuh palsu.
  •     Potongan 5% jika mengikutsertakan anggota keluarga.

Allianz juga melengkapi manfaat Smart Health Care Premiere Plus ini dengan layanan konsultasi dan pembelian obat online. Di samping itu, Anda juga bisa melakukan klaim online yang mudah melalui eAZy Connect.

2. SmartHealth Maxi Violet

Produk asuransi Allianz ini merupakan perlindungan untuk pribadi, maupun keluarga. Pilihan plan dan wilayah pertanggungannya juga bervariasi. Anda bisa mendapatkan perawatan kesehatan di seluruh Indonesia.

Adapun manfaatnya adalah rawat inap dan perawatan kesehatan gigi. Ada juga pilihan manfaat tambahan berupa santunan harian ketika Anda menjalani rawat inap.

Keunggulan lain dari produk ini adalah tidak adanya masa tunggu untuk mendapatkan benefit. Jadi, Anda langsung mendapatkan perlindungan segera setelah polis terbit. Namun, untuk persalinan ada masa tunggunya.

Di samping itu, ada kelebihan lainnya yaitu Anda bisa melakukan reimburse ketika berobat ke rumah sakit yang tidak ada dalam jaringan perusahaan Allianz – AdMedika. Jadi, pengobatan bisa di rumah sakit mana pun.

Jelas manfaat ini sangat menguntungkan. Kelemahan yang biasanya ada pada asuransi cashless teratasi dengan adanya sistem reimburse. hal ini membuat nasabah leluasa untuk mendapatkan penanganan medis di banyak rumah sakit.

Pada produk asuransi kesehatan terbaik dari Allianz Life Indonesia ini, Anda bisa memilih frekuensi pembayarannya. Ada pilihan bulanan, triwulan, semester, maupun tahunan. Adapun metode pembayarannya bisa melalui transfer bank atau debit Mastercard dan Visa.

Selain kepesertaan pribadi, Anda juga bisa mengikutsertakan anggota keluarga lainnya. Bahkan, ada potongan 5% jika mendaftarkan pasangan maupun anak.

3. SmartMed Premier

Sama seperti produk asuransi kesehatan cashless terbaik dari Allianz Life Indonesia lainnya, SmartMed Premier ini juga untuk pribadi dan keluarga. Keunggulannya adalah perlindungan dengan manfaat menyeluruh.

Berikut ini adalah yang ditanggung produk asuransi ini:

  • Anda bisa mendapatkan pelayanan medis di seluruh rumah sakit di Indonesia dan luar negeri pada kelas VIP.
  • Cakupan perlindungan untuk rawat inap akibat berbagai penyakit.
  • Adanya manfaat spesial untuk tindakan kemoterapi, hemodialisa, pengobatan terhadap HIV/AIDS, evakuasi dan pemulangan darurat.
  • Terdapat juga santunan biaya pemakaman.
  • Tersedia pilihan klaim menggunakan metode cashless dan reimburse.
  • Anda juga berhak mendapatkan no claim bonus sebesar 20% pada saat perpanjangan. Ketentuannya adalah tidak ada klaim selama masa pertanggungan sebelumnya.
  •     Nasabah juga bisa mengakses layanan dan bantuan medis internasional 24 jam melalui Allianz Medical Hotline.

Pada SmartMed Premier ini, terdapat 10 pilihan plan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Adapun pertanggungan pertahun, mencapai Rp 6 miliar, per nasabah. Dengan demikian, asuransi ini bisa meng-cover berbagai penyakit dan kebutuhan selama pengobatan.

4. SmartMed Cancer

Selanjutnya adalah produk asuransi Allianz Life Indonesia yang berupa rider (perlindungan tambahan). Ini merupakan jenis pengalihan risiko yang melengkapi polis dasar yaitu, dengan memberikan layanan perlindungan terhadap kanker.

Keunggulannya adalah asuransi tambahan ini memberikan manfaat menyeluruh terhadap pengobatan kanker. Adapun cakupan manfaatnya yaitu, pengobatan herbal, konseling pada ahli gizi dan psikolog. Termasuk juga konsultasi yang dilakukan dengan cara rawat jalan.

Di samping itu, juga ada manfaat pada tahapan diagnostik dan penanganan kanker, termasuk bedah rekonstruksi, dan pemantauan pasca operasi. Terdapat juga santunan kematian.

Anda juga bisa mendapatkan perawatan kanker hingga ke luar negeri, kecuali Amerika Serikat. Kesemuanya menggunakan fasilitas cashless, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Adapun ketentuannya, per orang hanya bisa memiliki satu asuransi rider ini. Selain itu, terdapat aturan pengecualian untuk pre-existing. Artinya, jika sebelumnya telah terdeteksi kanker, maka tidak bisa mendapatkan manfaat dari rider tersebut.

5. Produk asuransi Allianz Syariah, AlliSya Care

Terakhir adalah bentuk sistem asuransi kesehatan di Indonesia yang sesuai dengan syariat Islam. AlliSya Care memberikan perlindungan untuk rawat inap, konsultasi medis, dan ada manfaat tambahan berupa perawatan gigi, juga persalinan.

Anda juga bisa memilih plan dengan manfaat tambahan berupa bantuan evakuasi medis dalam kondisi darurat. Selain itu ada biaya pemulihan pasca rawat inap, dan konsultasi medis yang standby 24 jam. Adapun metode klaim juga tersedia dalam dua sistem, yaitu secara cashless dan reimbursement.

Pengelolaan tabarru (premi) pada asuransi syariah ini, berlangsung secara terbuka dan sesuai syariah, dengan pengawasan dari DSN. Jadi, Anda bisa yakin bahwa dana tersebut pengelolaannya benar dan halal.

AlliSya Care juga memberikan pilihan premi (tabarru) yang tergolong murah. Jadi, siapa pun bisa memiliki asuransi ini.

Cara Mendapatkan Manfaat dari Asuransi Cashless

Pada dasarnya, sistem cashless ini memberikan kemudahan pada pemegang polis. Hal ini karena saat memerlukan perawatan medis, nasabah hanya perlu menunjukkan atau menggesek kartunya. Berikut ini tahapannya:

  • Nasabah mendatangi fasilitas kesehatan yang telah bermitra dan berada dalam jaringan Allianz – AdMedika untuk mendapatkan penanganan medis.
  • Selanjutnya, pihak administrasi rumah sakit akan melakukan verifikasi kartu kepesertaan asuransi kepada pihak Allianz Life Indonesia.
  • Apabila sudah terverifikasi, nasabah akan langsung mendapatkan penanganan medis yang ia butuhkan.
  • Jika perlu mendapatkan penanganan rawat inap, nasabah bisa langsung masuk. Adapun jika hanya sebatas rawat jalan, pemegang polis ini bisa langsung pulang ke rumah.
  • Jika terdapat ekses klaim atau kelebihan biaya perawatan kesehatan di luar pertanggungan, maka nasabah akan mendapatkan tagihannya. Kelebihan tagihan tersebut akan nasabah bayarkan langsung ke perusahaan asuransi.

Apakah Asuransi Cashless Menanggung Semua Pengeluaran?

Dari uraian di atas, Anda tentu bisa menarik kesimpulan bahwa ada batasan pertanggungan asuransi. Artinya, tidak semua akan dibayarkan oleh perusahaan. Pembatasan tersebut bergantung pada jenis asuransi dan pilihan plan nasabah.

Jadi, jika ingin perlindungan menyeluruh, bisa memilih SmartMed Premier. Agar pertanggungan lebih lengkap, Anda juga bisa menambahkan rider. Asuransi tambahan ini akan memberikan manfaat ekstra sesuai kebutuhan Anda. Contoh rider adalah asuransi penyakit kanker, perlindungan pada tindakan pembedahan dan rawat inapnya.

Di samping itu, perhatikan juga ketentuan mengenai pre-existing. Ini merupakan salah satu batasan perlindungan asuransi. Biasanya, pihak perusahaan menetapkan pengecualian terhadap penyakit yang sudah lebih dahulu ada.

Hal lain yang tidak ditanggung perusahaan asuransi adalah jika biaya penanganan medis yang Anda dapatkan melebihi plafon. Oleh sebab itu, sebaiknya mencermati isi polis. Ada juga cara lainnya untuk menghindari kelebihan klaim ini, yaitu memastikan bahwa Anda memilih kelas perawatan yang sesuai.
Jadi, jika ingin mendapatkan asuransi kesehatan cashless premi murah, pilihlah produk Allianz Life Indonesia. Beragam pilihan plan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

 

Asuransi Kesehatan | Asuransi Kesehatan Keluarga | Asuransi Kesehatan Cashless | Asuransi Jiwa | Manfaat Asuransi Jiwa | Asuransi Jiwa Syariah | Asuransi Syariah | Asuransi Kesehatan Syariah | Produk Asuransi Syariah | Premi asuransi Kesehatan | Daftar Rumah Sakit | Manfaat Lari | Asuransi Syariah di Indonesia | Cara menjaga kesehatan | Polis Asuransi

 

NAP :

Allianz Life Indonesia

World Trade Centre 3, Lantai 10-15

Jl. Jenderal Sudirman, RT.8/RW.3, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi,

Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

+622129268888 / [email protected]

 

Google Maps :

 

FAQ

  1. Ada erapa metode klaim asuransi kesehatan di Indonesia?
    Jawab: Ada dua metode klaim asuransi kesehatan yang dipakai di Indonesia, yaitu:

1) Metode Klaim Reimburse

Ini merupakan sistem ganti rugi oleh pihak perusahaan asuransi kepada nasabahnya apabila terjadi risiko kesehatan. Dengan metode ini, artinya pihak tertanggung membayar dahulu biaya pengobatannya, kemudian mengajukan klaim penggantian kepada penanggung.

2) Sistem Klaim Cashless

Berbeda dengan reimburse, sebagaimana namanya, cashless menerapkan metode tanpa pembayaran tunai. Artinya, pemegang polis tidak perlu mengeluarkan biaya ketika harus mendapatkan pengobatan medis. Cukup hanya menunjukkan kartu kepesertaan saja.

  1. Apa saja asuransi kesehatan cashless terbaik dari Allianz Life Indonesia?
    Jawab: Beberapa produk asuransi kesehatan cashless terbaik dari Allianz Life Indonesia adalah sebagai berikut:

1) Smart Health Care Premiere Plus

2) SmartHealth Maxi Violet

3) SmartMed Premier

4) SmartMed Cancer

5) Produk asuransi Allianz Syariah, AlliSya Care

  1. Bagaimana sistem kerja AlliSya Care?
    Jawab: AlliSya Care adalah bentuk sistem asuransi kesehatan yang sesuai dengan syariat Islam. AlliSya Care memberikan perlindungan untuk rawat inap, konsultasi medis, dan ada manfaat tambahan berupa perawatan gigi, juga persalinan. Pengelolaan tabarru (premi) pada asuransi syariah ini, berlangsung secara terbuka dan sesuai syariah, dengan pengawasan dari DSN. Jadi, Anda bisa yakin bahwa dana tersebut pengelolaannya benar dan halal. AlliSya Care juga memberikan pilihan premi (tabarru) yang tergolong murah. Jadi, siapa pun bisa memiliki asuransi ini.

Tinggalkan komentar