Ingin Bisnis Semakin Sukses? Pahami Jenis Marketing Campaign untuk Mendapatkan Strategi Pemasaran Terbaik! 

Dalam sebuah bisnis atau usaha, tidak akan luput dari aktivitas pemasaran. Nah, di era digital seperti sekarang ini, ada banyak strategi pemasaran yang bisa diaplikasikan oleh para pemilik usaha. Namun, jangan sampai salah dalam memasarkan atau tujuan perusahaan tidak akan tercapai.

Salah satu trik pemasaran yang cukup efektif dalam meningkatkan laju pertumbuhan bisnis adalah marketing campaign. Cara ini terbagi ke beberapa jenis, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan serta tujuan pemasaran yang ingin dicapai oleh perusahaan. Oleh karena itu, mari kita simak apa saja jenis marketing campaign

Arti, Manfaat, dan Jenis Marketing Campaign 

Sebelum mengulik apa saja jenisnya, Anda harus paham terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan marketing campaign atau kampanye pemasaran. Marketing campaign adalah aktivitas perusahaan dalam mempromosikan jasa maupun produk mereka ke masyarat dengan tujuan yang spesifik. 

Adapun contoh tujuan tersebut antara lain  seperti peluncuran produk terbaru, meningkatkan angka penjualan, meningkatkan brand awareness konsumen, dan banyak lagi lainnya. Intinya, kampanye pemasaran bermanfaat bagi kemajuan bisnis agar bisa terus berkembang dan bertahan di antara persaingan. 

Oleh karena tujuan setiap perusahaan berbeda, maka harus bisa memilih cara paling tepat di antara jenis marketing campaign yang ada. Jenis-jenisnya adalah: 

1. Konvensional 

Pertama, Anda bisa melakukan kampanye pemasaran dengan cara konvensional atau tradisional yakni melalui iklan TV, radio, koran, juga papan iklan. Meski terbilang kuno, sebenernya metode ini cukup efektif, hanya saja butuh budget yang cukup besar. Terlalu berisiko untuk pebisnis pemula. 

2. Peluncuran Produk 

Kedua, ada kampanye pemasaran untuk peluncuran produk. Bagi Anda yang sudah cukup lama menjalankan suatu bisnis dan ingin meluncurkan produk baru, maka harus memastikan target pasar mengetahui kehadiran produk tersebut. 

Anda bisa membuat promo terbatas, atau juga free gift. Jangan lupa iklan di media yang sesuai dengan target pasar. Misalnya saja dengan menggelar pameran sekaligus booth konsultasi di mall untuk peluncuran produk kosmetik. Ini menjadi contoh campaign fashion paling sederhana dan banyak ditemukan untuk peluncuran produk baru. 

3. Peningkatan Brand Awareness 

Ketiga, apabila bisnis Anda sudah berjalan cukup lama dan mulai status maka harus berupaya meningkatkan brand awareness masyarakat. Tujuannya tentu untuk mempertahankan kepercayaan juga popularitas produk Anda di antara kompetitor yang ada. 

Paling mudah bisa memanfaatkan platform media sosial yang kian populer, atau bisa juga menggunakan jasa agensi digital marketing terpercaya seperti bolehdicoba

Ketiga jenis kampanye pemasaran di atas yang paling banyak diaplikasikan dan dibutuhkan perusahaan. Namun sebenarnya masih banyak jenis lainnya. Apabila Anda kesulitan menentukan jenis kampanye pemasaran yang tepat, bisa menggunakan jasa agensi digital berpengalaman seperti bolehdicoba

Selain  mendapatkan masukan jenis marketing campaign apa yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, bolehdicoba.com juga akan membantu membuat digital marketing yang jelas efektif serta efisien dalam memajukan bisnis Anda. 

 

Tinggalkan komentar