Cari Lowongan Kerja Saat Pandemi? Inilah 7 Tips Suksesnya

Mencari kerja ketika pandemi menjadi hal yang cukup sulit. Pasalnya sudah banyak perusahaan yang gulung tikar dan malah membatasi jumlah karyawan. Sehingga tak banyak yang menawarkan lowongan kerja selama pandemi. Namun Anda tak perlu khawatir, karena masih ada cara agar lamaranmu diterima meski pandemi.

Cara Mendapat Pekerjaan Saat Pandemi

Namun, banyak perusahaan yang juga terus bangkit dan tetap mencari kandidat karyawan terbaik untuk bergabung di perusahaannya meski sedang pandemi. Karena itulah, mari simak 7 tips mencari kerja di saat pandemi yang paling mudah dan efektif

1. Siapkan CV yang Baik

Curriculum vitae (CV) maupun daftar riwayat hidup merupakan kunci utama yang harus disiapkan terlebih dulu. Anda hanya perlu menulis semua pengalaman kerja maupun organisasi dalam layout dan format yang rapi serta mudah untuk dipahami. Selain itu, siapkan surat lamaran dengan menggunakan bahasa inggris.

2. Cari Lowongan Kerja Lewat Platform

Bagaimana cara mencari lowongan kerja paling mudah? Saat ini teknologi semakin memudahkan Anda untuk melihat kapasitas loker di manapun. Anda bisa menggunakan Jooble untuk mendapatkan semua informasi pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan sesuai dengan keahlianmu.

3. Cari Kesempatan Kerja Freelance

Tak pernah dipungkiri kalau persaingan di dunia kerja cukup ketat. Sehingga kesempatan semakin terkikis. Nah, Anda bisa mencoba mencari proyek freelance alih-alih menunggu pekerjaan full time. Meski periode kerja sebentar, tapi Anda masih bisa mendapatkan gaji layaknya pekerja full time jika skill-mu sangat dibutuhkan.

4. Ikut Pelatihan Online

Jika Anda sudah mengikuti banyak sekali wawancara tapi belum juga beruntung, maka memang belum waktumu untuk menyerah. Anda bisa menambah kemampuan dan skill Anda dengan mengikuti pelatihan online. Saat ini sudah banyak tempat maupun lembaga yang mengadakan pelatihan secara online dengan sertifikat.

5. Jangan Malu untuk Berjejaring

Jangan malu untuk menjalin network atau relasi. Network ini sangat penting untuk pencari kerja sepertimu. Jangan sungkan untuk menyapa teman lama maupun kenalan yang sudah memiliki pekerjaan di perusahaan bonafit. Siapa tahu Anda bisa juga mendapatkan pekerjaan sepertinya.

6. Lakukan Komunikasi dengan Baik

Lakukan semua komunikasi dengan sopan, baik dengan teman dekat maupun ketika Anda menanyakan sebuah lowongan di suatu perusahaan. Biasanya cara berkomunikasi akan dinilai meski Anda tidak menyadarinya. Dengan begitu semua attitude serta cara komunikasi yang baik sangat dibutuhkan.

7. Melatih Kemampuan Wawancara

Biasanya di tahap paling menantang yaitu sesi wawancara. Ketika Anda sudah berada di tahap ini lakukan dengan baik dan jangan grogi.

Ada baiknya Anda mempersiapkan hal ini dengan baik. Mulai dari cara menjawab pertanyaan, memprediksi sendiri pertanyaan apa yang akan diajukan HRD hingga pertanyaan untuk ditanyakan terkait dengan perusahaan.

Selain memiliki skill yang baik, untuk mencari lowongan kerja Anda harus sabar dan tekun. Jangan mudah menyerah hanya karena ditolak oleh satu perusahaan. Jika butuh lowongan pekerjaan lainnya sesuai dengan bidangmu Anda bisa mencarinya di https://id.jooble.org/.

Tinggalkan komentar